Pendeklarasian Variabel Pada Javascript

Salah satu hal yang pertama kali perlu kita ketahui saat mengenal sebuah bahasa pemrograman adalah tentang pendeklarasian variabel. Sesuai dengan judul artikel ini, yang akan kita bahas kali ini adalah pendeklarasian variable pada Javascript

Pada bahasa pemrograman Javascript, terdapat 3 cara untuk mendeklarasikan variabel, yaitu let, const, dan var

  1. Var
    Var (ditulis: var) merupakan pendeklarasian variable yang dapat dideklarasikan ulang dan diperbaharui. Perhatikan contoh di bawah ini: 

    pendeklarasian ulang pada var

    Oleh karena var bisa dideklarasikan ulang, maka tidak akan ada error walaupun kita membuat lebih dari satu variabel dengan nama yang sama dalam satu program. Namun, dengan adanya ability dari var untuk dideklarasikan ulang, maka akan ada peluang dalam program tersebut terjadi bug. Jika kita tidak menyadari adanya variabel yang sama, maka bisa saja value yang dihasilkan tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, const dan let hadir sebagai salah dua fitur di peluncuran ES6. Oleh karenanya, var saat ini sudah jarang digunakan oleh programmer.
  2. Const
    Const (ditulis: const) merupakan pendeklarasian variable yang tidak dapat dideklarasikan ulang dan diperbaharui. Perhatikan contoh berikut:

    pembaharuan pada const

    Saat kita mencoba memperbaharui value dari variabel hello, maka akan terjadi error seperti yang terlihat pada gambar di atas.

  3. Let
    Let (ditulis: let) merupakan pendeklarasian variable yang tidak dapat dideklarasikan ulang, namun dapat diperbaharui. Perhatikan contoh di bawah ini:

    pembaharuan pada let
    Kita bisa melihat dan membandingkan ketika variabel yang dideklarasikan dengan menggunakan let dan const (pada poin 2) ketika kita mencoba memperbaharui value dari variabel hello. Dengan menggunakan let, tidak terdapat error saat kita mencoba untuk memperbaharui value nya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hai Tayo